Gambaran tingkat kecemasan mahasiswa tingkat akhir prodi d-iii keperawatan dalam menghadapi uji kompetensi

Edwin, Edwin (2020) Gambaran tingkat kecemasan mahasiswa tingkat akhir prodi d-iii keperawatan dalam menghadapi uji kompetensi. Karya Tulis Ilmiah, PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
LR EDWIN-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)

Abstract

Latar belakang : Kecemasan merupakan keadaan emosional yang tidak menyenangkan, berupa respon respon psikopisiologis yang timbul sebagai antisipasi bahaya yang tidak nyata atau khayalan, tampaknya disebabkan oleh konflik intrapsikis yang tidak disadari secara langsung. Tujuan dari literature Review adalah untuk mereview gambaran tingkat kecemasan mahasiswa tingkat akhir prodi d-3 keperawatan dalam menghadapi uji kompetensi.
Tujuan : Penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecemasan mahasiswa Prodi D-3
Keperawatan dalam mengikuti uji kompetensi pada tiga jurnal yang berbeda.
Metode : Penelusuran jurnal penelitian menggunakan mesin pencari Google Scholar yang dicari pada tahun 2015 sampai 2020 berupa laporan hasil penelitian dan review yang membahas tentang tentang Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi D-3
Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi.
Hasil : Jurnal pertama di Universitas Pendidikan Indonesia didapatkan hasil penelitian terhadap tingkat kecemasan secara umum didapatkan hampir setengah dari mahasiswa 48% (12 orang mahasiswa) mengalami tingkat kecemasan ringan , tingkat kecemasan berdasarkan respon afektif di dapatkan sebagian besar dari mahasiswa 52 % (13 orang mahasiswa) berada pada kategori tingkat kecemasan ringan, berdasarkan respon kognitif sebagian besar dari mahasiswa 60 % (15 orang mahasiswa) berada pada kategori tingkat kecemasan ringan, berdasarkan respon fisiologi sebagian besar dari mahasiswa 56 % (14 orang mahasiswa) berada pada kategori tidak ada gejala kecemasan dan berdasarkan respon perilaku di sebagian besar dari mahasiswa 56 % (14 orang mahasiswa) berada pada kategori tidak ada gejala kecemasan. Jurnal ke dua di Akademi Keperawatan Mlahayati Medan di dapatkan hasil Penelitian menunjukkan bahwa bahwa 100% mahasiswa tingkat III Mengalami kecemasan dalam menghadapi uji kompetensi yang tersebar dalam kategori kecemasan ringan (29,41%), kecemasan sedang (58,82%) dan kecemasan berat (11,76%) dan didukung oleh respon afektif, kognitif, fisiologi dan perilaku yang muncul. Jurnal ke tiga di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran Bandung
Kesimpulan: Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapai uji kompetensi sangat beragam namun pada umumnya mengalami kecemasan sedang. Semakin tinggi tingkat semester maka semakin rendah tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi uji kompetensi .

Kata kunci : Mahaswiswa, tingkat kecemasan, dan uji kompetensi

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, tingkat kecemasan, dan uji kompetensi
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111005 Mental Health Nursing
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma III Keperawatan
Supervisor: Sulistyowati, Reny
Depositing User: Edwin
Date Deposited: 02 Feb 2022 09:04
Last Modified: 02 Feb 2022 09:04
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item View Item