Tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia

Krisdayanti, Krisdayanti (2020) Tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia. Skripsi, PROGRAM STUDI DIPLOMA IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Manuskrip krisdayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Pendahuluan : Hipertensi merupakan salah satu penyakit degeneratif, umumnya tekanan darah bertambah secara perlahan dengan seiring bertambahnya umur. Lansia sering terkena hipertensi disebabkan oleh kekakuan pada arteri sehingga tekanan darah cenderung meningkat. Biasanya stres bukan karena penyakit fisik tetapi lebih mengenai kejiwaan. Akan tetapi karena pengaruh stress tersebut maka penyakit fisik bisa muncul akibat lemah dan rendahnya daya tahan tubuh pada saat tersebut.

Metode : Metode Penelitian ini digunakan dalam membuat artikel ini adalah Literatur Review. Google Scoolar (tahun 2016-2020) merupakan database yang digunakan dalam review ini. Key word yang digunakan adalah stres, hipertensi dan lansia. Didapatkan 5 artikel penelitian yang sesuai dengan tujuan dan kriteria review.

Hasil : Hasil literature review dari 4 jurnal hasil penelitian terkait didapatkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia, dan 1 jurnal sebaliknya yaitu tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia, hal ini disebabkan saat melakukan penelitian dan pengambilan data lansia tidak sedang mengalami stres ataupun masaIah yang berat yang dapat menyebabkan timbulnya stres yang berkepanjangan. Hal ini menunjukan bahwa beberapa lansia dapat mendiskusikan masalah dengan orang terdekat untuk mendapatkan solusi.

Kesimpulan : Berdasarkan hasil literatur review dari 4 jurnal hasil penelitian terkait didapatkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia, dan 1 jurnal sebaliknya yaitu tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia. Hal ini menunjukan bahwa beberapa lansia dapat mendiskusikan masalah dengan orang terdekat untuk mendapatkan solusi.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: stres; hipertensi; lansia
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Heriteluna, Marselinus and Kasuma, Wijaya Atmaja
Depositing User: Krisdayanti
Date Deposited: 08 Feb 2021 08:49
Last Modified: 16 Dec 2022 07:53
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item