Pengetahuan dan sikap penjamah makanan tentang higiene sanitasi makanan

Mulyani, Diah Ayu (2020) Pengetahuan dan sikap penjamah makanan tentang higiene sanitasi makanan. Skripsi, PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Manuskrip B.Indonesia (DIAH AYU MULYANI) tes.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Pendahuluan :Higiene Sanitasi Makanan adalah salah satu usaha pencegahan penyakit yang menitik beratkan aktifitasnya pada usaha – usaha kebersihan/kesehatan dan keutuhan makanan. Jika tidak cepat diatasi maka dapat memberikan dampak negatif. Tujuan dari studi literatur ini adalah untuk memberikan gambaran pengetahuan dan sikap penjamah makanan terhadap higiene sanitasi makanan.

Metode: Pencarian literatur dilakukan pada bulan Maret—Mei 2020. Jurnal yang dipilih adalah yang berasal dari tahun 2010- sekarang. Kemudian jurnal diperiksa dari judul, abstrak, teks lengkap, dan metodologinya untuk dinilai kelayakannya. Dari sepuluh jurnal, lima jurnal bisa digunakan untuk literature review. Pencarian literatur dalam literature review ini menggunakan dua database yaitu Google Scholar dan NCBI.

Hasil: Hasilnya Lima jurnal memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengetahuan dan sikap sangat berpengaruh bagi higiene sanitasi makanan dari segi keamanan untuk bisa dikonsumsi dan penjamah makanan juga memerlukan pendidikan kesehatan tentang higiene sanitasi makanan serta cara menerapkan nya secara tepat.

Kesimpulan: Pentingnya penjamah makanan menyadari higiene sanitasi makanan, kemudian mulai menerapkan higiene dan sanitasi makanan sesuai syarat standar agar dapat menghindari atau meminimalisir kejadian penyakit yang mungkin dapat terjadi pada konsumen.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan; sikap; higiene sanitasi makanan; penjamah makanan
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111007 Nursing Theory > 11100103 Nursing Education Research
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111007 Nursing Theory
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Halajur, Untung and Febriani, Irene and Astuti, Agnes Dewi
Depositing User: Diah Ayu Mulyani
Date Deposited: 03 Feb 2021 08:51
Last Modified: 05 Feb 2021 03:53
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item