Hubungan aktivitas fisik dengan indeks massa tubuh (imt) pada remaja

Admaja, Julyanto Putra (2020) Hubungan aktivitas fisik dengan indeks massa tubuh (imt) pada remaja. Skripsi, PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
JULYANTO MANUSKRIP BAHASA INDONESIA-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Latar Belakang : Remaja adalah kelompok rentan masalah gizi.Karena,pada periode ini,jika asupan makanan lebih dari kebutuhan nutrisi dan kurangnya aktivitas fisik yang mengakibatkan penumpukan lemak tubuh dan akhirnya akan menjadi obesitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) remaja. Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan BMI di usia remaja. Disarankan agar siswa meningkatkan aktivitas fisik dengan mengikuti ekstrakurikuler di sekolah mereka, seperti menari dan olahraga teratur. Tujuan dari literature review adalah untuk menelaah metode modifikasi penerapan teori keperawatan untuk meningkatkan aktivitas fisik pada remaja.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data menggunakan studi literatur melalui penelusuran Google Scholar dan di dapat 194 buah jurnal dan dipersempit menjadi sebanyak 4 buah jurnal. Penelitian tersebut dianalisis kembali untuk mengetahui adanya hubungan aktivitas fisik dengan indeks massa tubuh.

Hasil : Berdasarkan hasil review 4 jurnal penelitian yang paling mendekati didapatkan hasil bahwa aktivitas fisik ada kaitan nya dengan indeks massa tubuh pada remaja , aktivitas yang kurang dapat berpengaruh pada indeks massa tubuh pada remaja. Disarankan agar siswa meningkatkan aktifitas fisik dengan cara mengikuti kegiatan ekstra kurikuler seperti menari maupun olahraga secarateratur. Aktivitas fisik (olahraga) yang dilakukan 3 sampai 5 kali setiap minggu dengan waktu minimal 15 menit setiap pelaksanaannya, akan dapat mengurangi risiko terjadinya overweight. Kebiasaan olahraga merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang dapat menurunkan berat badan. Olahraga jika dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan dapat mencegah munculnya kegemukan dan menjaga kesehatan.

Kesimpulan : Berdasarkan review dari jurnal tentang hubungan aktivitas fisik dengan indeks massa tubuh pada remaja di dapatkan kesimpulan bahwa tingkat aktivitas fisik siswa sebagian besar memiliki tingkat aktivitas fisik yang rendah. Indeks massa tubuh dan aktivitas fisik mempunyai hubungan yang signifikan dalam kehidupan remaja.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik; indeks massa tubuh; remaja
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111007 Nursing Theory
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Missesa, Missesa and Rahmawaty, Fetty and Kusnaningsih, Aida
Depositing User: Julyanto Putra Admaja
Date Deposited: 08 Feb 2021 08:56
Last Modified: 08 Feb 2021 08:56
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item