Hubungan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang tablet tambah darah untuk mencegah anemia

Ningsih, Syska Susanti (2020) Hubungan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang tablet tambah darah untuk mencegah anemia. Skripsi, PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
MANUSKRIP LR BAHASA INDO-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Pendahuluan : Masa remaja merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan, baik secara fisik, mental dan emosional. Kebutuhan makanan yang mengandung zat-zat gizi menjadi cukup besar . Kualitas hidup pada remaja penting untuk terpenuhi. Apabila terjadi gangguan akibat masalah-masalah yang remaja alami maka akan berpengaruh terhadap kondisi fisik, mental, maupun emosional. Masalah yang sering terjadi pada remaja adalah anemia. Anemia ialah keadaan dimana masa eritrosit dan/atau massa hemoglobin (Hb) yang beredar tidak dapat memenuhi fungsinya untuk menyediakan oksigen bagi jaringan tubuh.

Metode : Pencarian literatur dalam literature review ini menggunakan satu database Google Scholar. Pencarian literatur dilakukan pada bulan Maret—Mei 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh bukan dari pengamatan langsung, tetapi dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu. Kemudian diperiksa dari judul, abstrak, teks lengkap, dan metodologinya untuk dinilai kelayakannya. Dari sepuluh jurnal, lima bisa digunakan untuk literature review dan dilakukan analisis naratif dari temuan penelitian.

Hasil : Lima jurnal memenuhi kriteria inklusi dan eklusi. Remaja putri yang pengetahuannya baik tentang tablet tambah darah cenderung patuh dalam mengkonsumsi tablet tambah darah. Sedangkan remaja putri yang pengetahuannya kurang tentang tablet tambah darah cenderung tidak patuh mengkonsumsi tablet tambah darah.

Kesimpulan : Faktor yang memengaruhi pengetahuan adalah informasi atau media masa informasi di peroleh baik dari pendidikan formal maupun non formal yang dapat mmeberikan pengaruh jangka pendek sehingga menghasilkan perubahan atau meningkatkan pengetahuan. Faktor yang mendasari terbentuknya sikap diantaranya pengetahuan, pengalaman pribadi dan orang lain yang di anggap penting. Pengetahuan diperlukan sebagai dorongan sikap, sehingga dapat dikatakan bahwa pengetahuan merupakan stimulasi terhadap tindakan seseorang. Oleh karena itu pengetahuan remaja putri tentang tablet tambah darah perlu ditingkatkan.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1115 Pharmacology and Pharmaceutical Sciences > 111502 Clinical Pharmacology and Therapeutics
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1115 Pharmacology and Pharmaceutical Sciences
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Purba, Maria Magdalena and Kusnaningsih, Aida
Depositing User: Syska Susanti Ningsih
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:32
Last Modified: 28 Nov 2022 02:52
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item