Pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas pada remaja (literature review)

Soleka, Elsi (2020) Pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas pada remaja (literature review). Skripsi, PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Elsi Soleka_Manuskrip Indonesia_Pedidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas pada Remaja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Pendahuluan : Reproduksi serta semua aspek yang berkaitan dari sisi fisik, biologis, psikis serta sosial yang berhubungan dengan proses reproduksi pada manusia. Pengetahuan seksual yang benar akan dapat memimpin remaja ke arah perilaku seksual yang rasional dan bertanggung jawab. Begitu juga sebaliknya, informasi yang salah mengakibatkan kesalahan persepsi dan menimbulkan perilaku seksual yang salah.

Metode : Database yang digunakan dalam pembuatan literature review ini adalah Google Scholar dan Pubmed. Didapatkan 20 jurnal terkait pendidikan kesehatan seksualitas dan reproduksi pada remaja yang diidentifikasi dan dipublikasikan pada tahun 2010-2019. Dari 20 jurnal, 5 jurnal yang memenuhi syarat review.

Hasil : berdasarkan 5 jurnal didapatkan bahwa pendidikan kesehatan berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan seksualitas dan reproduksi dalam mencegah masalah yang berisiko dalam kesehatan reproduksi.

Kesimpulan : Berdasarkan beberapa hasil penelitian tersebut bahwa pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi menjadi strategi yang efektif untuk melindungi remaja dari berbagai macam aktivitas sexsual yang berisiko, dan dengan pendidikan kesehatan ini, remaja lebih mengenal dan dapat meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan seksual dan reproduksi.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: remaja; pendidikan kesehatan; seksualitas; reproduksi
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111007 Nursing Theory > 11100103 Nursing Education Research
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Halajur, Untung and Yeyentimalla, Yeyentimalla and Missesa, Missesa
Depositing User: Elsi Soleka
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:06
Last Modified: 05 Feb 2021 07:06
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item