Gambaran pengetahuan remaja putri tentang hygiene organ genitalia

Nor Hadiati, Annisa (2020) Gambaran pengetahuan remaja putri tentang hygiene organ genitalia. Karya Tulis Ilmiah, PRODI D III KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH ANNISA NOR HADIATI.pdf

Download (552kB)

Abstract

Latar belakang : Kesehatan genitalia remaja pada saat ini masih menjadi hal yang perlu diperhatikan karena pada masa remaja inilah mulai terjadi pematangan organ genitalia yang sering disebut masa pubertas. Salah satu masalah kesehatan genitalia yang sering timbul pada remaja disebabkan oleh hygiene yang buruk. Berdasarkan hal tersebut, maka penting untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja putri tentang hygiene organ genitalia. Penulis ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja putri tentang hygiene genitalia
Metode:Penelitian ini menggunakan Tiga Jurnal metode penelitian yaitu jurnal satu menggunakan metode penelitian Observasional deskriptif, sedangkan jurnal kedua menggunakan metode penelitian kuantitatif atau explanatory research dengan pendekatan waktu cross sectional study dan jurnal ketiga menggunakan metode penelitian Observasional deskriptif.

Hasil :Jurnal pertama responden memiliki pengetahuan, dan sikap yang baik mengenai personal hygiene organ genitalia eksterna terdapat 34 responden yang memiliki pengetahuan yang baik (68%), 16 responden yang memiliki pengetahuan yang buruk (32%). Sedangkan di jurnal kedua responden dengan pengetahuan kurang baik 23 (46%) dibanding responden dengan pengetahuan baik 27 (54%). Dan di jurnal ketiga Terdapat 34 responden yang memiliki pengetahuan yang baik (68%), 16 responden yang memiliki pengetahuan yang buruk (32%)
Kesimpulan : Hasil Pengetahuan remaja putri tentang hygiene organ genitalia tertinggi di SMP AL – Irsyad AL – Islamiyyah Banyuwangi Tahun 2017 diketahui bahwa responden memiliki pengetahuan yang baik mengenai personal hygiene organ genitalia eksterna terdapat 34 responden yang memiliki pengetahuan yang baik (68%), 16 responden yang memiliki pengetahuan yang buruk (32%).
Saran: Diharapkan Bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian tentang
hygiene genitalia di sekolah SMP di Kota Palangka Raya.

Kata kunci : Gambaran pengetahuan, Remaja putri tentang hygiene organ genitalia

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Gambaran pengetahuan, Remaja putri tentang hygiene organ genitalia
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111011 Nursing Specialties > 11101106 Family Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma III Keperawatan
Supervisor: Aden, Christine and Yeyentimalla, Yeyentimalla
Depositing User: Annisa Nor Hadiati
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:33
Last Modified: 23 Nov 2021 04:33
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item