Gambaran kualitas tidur pada lansia

Azizah Noor, Rina (2020) Gambaran kualitas tidur pada lansia. Karya Tulis Ilmiah, PRODI D III KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH RINA AZIZAH NOOR.pdf

Download (669kB)

Abstract

Latar belakang: Kualitas tidur merupakan salah satu indikator penting yang dapat menentukan kualitas hidup seseorang, terutama pada lansia. Kualitas tidur yang buruk dapat berdampak terhadap fisik dan psikososial lansia. Adapun dampak fisik yang dapat ditimbulkan meliputi rasa lemas, pusing, mengantuk dan kelelahan serta gangguan psikososial antara lain dapat timbul rasa cemas, mudah marah, konsentrasi terganggu, hingga stress dan penurunan kinerja fungsional.
Tujuan: Literature review ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas tidur pada lansia.
Metode: Menggunakan 3 database (Pediomaternal Nursing Journal, Students e- Journal, Jurnal Keperawatan) yang dicari pada antara tahun 2015-2020 berupa laporan hasil penelitian dan review yang membahas tentang gambaran kualitas tidur pada lansia. Didapatkan 8 jurnal dari hasil pencarian menggunakan kata kunci. Kemudian setelah dilakukan seleksi isi jurnal, diperoleh 3 jurnal yang sesuai dengan pembahasan gambaran kualitas tidur pada lansia.
Hasil: Laporan hasil penelitian dan review yang membahas kualitas tidur pada lansia secara keseluruhan yaitu termasuk dalam kategori buruk.
Kesimpulan: Kualitas tidur pada lansia masuk dalam kategori buruk dan hanya sebagian kecil yang mengalami kualitas tidur yang baik.

Kata kunci : Gambaran kualitas tidur, lansia

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Gambaran kualitas tidur, lansia
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111011 Nursing Specialties > 11101108 Geriatric Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma III Keperawatan
Supervisor: Mansyah, Barto and Supriandi, Supriandi
Depositing User: Rina Azizah Noor
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:33
Last Modified: 23 Nov 2021 04:33
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item