Gambaran pengetahuan remaja putri tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)

Triningsih, Nayunda Endang (2020) Gambaran pengetahuan remaja putri tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Karya Tulis Ilmiah, PRODI DIII KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
KTI NAYUNDA GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : SADARI penting dilakukan pada sedini mungkin pada remaja sebagai upaya deteksi dini untuk menemukan abnormalitas yang mengarah pada kanker payudara sehingga hasil pengobatan menjadi efektif untuk menurukan mortalitas dan memperbaiki kualitas hidup penderita kanker payudara.

Tujuan Literature Review : Untuk mengetahui dan mendeskripsikan gambaran pengetahuan remaja putri tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) berdasarkan usia, pendidikan dan sumber informasi berdasarkan hasil literature review.

Metode Pencarian Literature : Pencarian artikel menggunakan mesin pencarian google scholar dengan kata kunci pengetahuan remaja putri tentang SADARI, ±10.100 hasil dipilih 3 artikel penelitian yang dapat mewakili penelitian pengetahuan remaja tentang SADARI.

Hasil : Pada jurnal 1 gambaran pengetahuan remaja berdasarkan rentang usia 15-24 tahun, mayoritas responden berpendidikan SMA dan sumber informasi SADARI berasal dari dokter masih menunjukan kategori cukup. Sama halnya dengan jurnal 3 gambaran pengetahuan remaja putri berdasarkan karakteristik usia responden 15-16 tahun menunjukan pengetahuan dalam kategori kurang. Sementara hasil analisis pada jurnal 2 yang hanya menganalisis tentang pengetahuan responden menunjukan pengetahuan pada kategori kurang. Adanya fakta yang memperlihatkan bahwa sebagian besar responden tergolong memiliki tingkat pengetahuan tentang SADARI yang cukup hingga kurang.

Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis 3 artikel ilmiah diatas menunjukan bahwa gambaran pengetahuan remaja putri tentang SADARI memiliki tingkatan yang beragam antara lain cukup dan kurang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengetahuan antara lain pendidikan, sumber informasi, sosial budaya ekonomi, lingkungan, pengalaman dan usia

Saran : Penggunaan media yang tepat dan cara penyampaian yang menarik dalam melakukan pendidikan kesehatan dapat meningkatkan minat remaja melakukan SADARI. Fasilitas penyuluhan yang digunakan bisa melalui media sosial yang banyak digemari oleh remaja seperti instagram dengan membuat akun yang berisi tentang informasi SADARI maupun kanker payudara yang menampilkan gambar dan video interaktif yang dapat meningkatkan minat remaja. Atau melalui grup whatsapp yang memfasilitasi remaja untuk bertanya secara langsung dan mudah tentang SADARI.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, SADARI, remaja
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111011 Nursing Specialties > 11101106 Family Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma III Keperawatan
Supervisor: Christyanni, Yuyun and Kasuma, Wijaya Atmaja
Depositing User: Users 344 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:27
Last Modified: 12 Nov 2021 08:27
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item