Faktor – faktor yang mempengaruhi konsumsi mie instan pada mahasiswa

Listyaningsih, Yesi (2020) Faktor – faktor yang mempengaruhi konsumsi mie instan pada mahasiswa. Karya Tulis Ilmiah, PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKARAYA.

[img] Text
LITERATUR REVIEW Yesi Listyaningsih (ttd).docx
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang : Mie instan sebagaimana diketahui merupakan salah satu makanan cepat saji yang banyak disukai oleh semua kalangan dari anak-anak sampai dengan dewasa, dengan berbagai macam rasa yang ada itulah kenapa makanan ini sangat disukai. Selain itu mie instan juga enak dan praktis untuk dikonsumsi saat lapar, tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya, namun mie instan mempunyai dampak negatif jika terlalu sering dikonsumsi. Adapun beberapa dampak negatif dari mengkonsumsi mie instan bagi kesehatan ialah penyerapan nutrisi pada tubuh terganggu, memicu kanker, kolesterol tinggi, obesitas, radang dan kebocoran usus, pencernaan dan metabolisme menjadi terganggu.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode literature review (tinjauan pustaka). Jurnal yang digunakan untuk penelitian berjumlah 3 jurnal. Tahun penerbitan jurnal yang digunakan adalah tahun 2017- 2019. Strategi pencarian di cari dari 1 database (Google Cendekia) dari tahun 2017-2019 berupa jurnal hasil penelitian yang membahas tentang faktor – faktor yang mempengaruhi konsumsi mie instan.
Hasil : Persamaan dari jurnal 1 sampai 3 adalah faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi mie instan yaitu pengetahuan, uang saku dan teman sebaya. Sedangkan perbedaan dari jurnal 1 sampai 3 adalah pada jurnal 2 tidak terdapat faktor teman sebaya dan ketersediaan pangan yang mempengaruhi konsumsi mie instan. selain itu pada jurnal 1 membahas lebih banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi mie instan daripada jurnal 2 dan 3 antara lain terdapat faktor sikap dan media massa.
Kesimpulan : Pada ketiga jurnal dapat ditarik kesimpulan yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi mie instan adalah pengetahuan, sikap, ketersediaan pangan, persepsi, teman sebaya, media massa dan uang saku. Lalu didapatkan hasil penelitian dari ketiga jurnal bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah pengetahuan, uang saku dan teman sebaya.

Penulis : Yesi Listyaningsih
Daftar Pustaka : 7 buah (2017-2019)
Kata kunci : Faktor, Konsumsi, Mie instan.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Faktor, Konsumsi, Mie instan.
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111007 Nursing Theory > 11100103 Nursing Education Research
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma III Keperawatan
Supervisor: Sulistyowati, Reny and Datak, Gad
Depositing User: Users 352 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:12
Last Modified: 12 Nov 2021 08:12
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item