Hubungan tingkat pengetahuan remaja laki-laki tentang bahaya rokok terhadap kesehatan dengan sikap merokok di kelas x SMKN 1 Palangka Raya

Irawan, Rony (2020) Hubungan tingkat pengetahuan remaja laki-laki tentang bahaya rokok terhadap kesehatan dengan sikap merokok di kelas x SMKN 1 Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Manuskrip Bhs indo Rony_Skripsi-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Pendahuluan : Fenomena perokok laki-laki jauh lebih tinggi dibandingkan perempuan. Jika diuraikan menurut umur, prevalensi perokok laki-laki paling tinggi pada umur 15 sampai 19 tahun. Remaja laki-laki pada umumnya mengonsumsi 11 sampai 20 batang/hari (49,8%) dan yang mengonsumsi lebih dari 20 batang/hari sebesar 5,6% (Depkes, 2011). Dari data diatas peneliti bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang bahaya rokok terhadap kesehatan dengan sikap merokok siswa laki-laki Kelas X SMKN 1 Palangka Raya.

Metode : penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analitik dengan pendekatan studi potong lintang (cross sectional). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara 2 variabel penelitian dimana pengumpulan data dilakukan sekali saja atau pada waktu penelitian dilakukan tanpa harus melihat latar belakang atau kejadian yang lalu atau pun yang akan.Teknik pengambilan sampel teknik Slovin dan mendapat responden sebanyak 81 sampel.

Hasil : Hasil hubungan tingkat pengetahuan remaja laki-laki tentang bahaya rokok dengan sikap merokok di Kelas X SMKN 1 Palangka Raya, Pada penelitian ini digunakan uji chi square dan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan bahaya rokok dengan sikap merokok remaja laki-laki dengan nilai p- value 0.000 (p-value>0,05).

Kesimpulan : Ada hubungan antara pengetahuan remaja laki-laki tentang bahaya rokok dengan sikap merokok, dengan nilai p-value 0.000 (p-value<0,05).

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan; bahaya rokok; sikap
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111007 Nursing Theory > 11100103 Nursing Education Research
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Syam'ani, Syam'ani and Astuti, Agnes Dewi and Manuntung, Alfeus
Depositing User: Rony Irawan
Date Deposited: 08 Feb 2021 02:07
Last Modified: 08 Feb 2021 02:07
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item