Gambaran dukungan keluarga yang merawat pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah kerja Puskesmas Menteng Kota Palangka Raya

Sari, Ega Permata (2020) Gambaran dukungan keluarga yang merawat pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah kerja Puskesmas Menteng Kota Palangka Raya. Karya Tulis Ilmiah, PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
KTI GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA YANG MERAWAT PASIEN ODGJ PUSKESMAS MENTENG KOTA PALANGKA RAYA BY. EGA PERMATA SARI (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang :Hasil Rikesdas (2018) menyatakan bahwa prevalensi (per-mil) rumah tangga/anggota rumah tangga dengan gangguan jiwa skizofrenia/psikosis di Kota palangka raya mencapai 2,91% (per-mil). Berdasarkan hasil survey pendahuluan dari data Puskesmas Menteng, data pasien ODGJ yang berkunjung ke Puskesmas Menteng selama tahun 2018 sebanyak 40 orang, sedangkan data ODGJ yang ada di wilayah Puskesmas Menteng sebanyak 87 orang. Hal ini membuktikan bahwa banyak ODGJ yang tidak berobat secara rutin, dukungan keluarga lah sangat penting bagi ODGJ yaitu dalam pengobatan.
Tujuan : Dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dukungan keluarga yang merawat pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Puskesmas Menteng.
Metode Penelitian :Sampel dalam penelitian ini adalah Seluruh keluarga yang merawat orang dengan gangguan jiwa dengan jumlah 52 responden.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian didapatkan ada tiga dukungan yaitudukungan emosional sering sebesar 3 orang (5,8%) dan selalu sebesar 49 orang (94,2%), dukungan instrumental/fisiksering sebesar 3 orang (5,8%) dan selalu sebesar 49 orang (94,2%) dan untuk dukungan pengetahuan selalu sebesar 52 orang (100,0%).
Kesimpulan : Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dukungan emosional, dukungan instrumental dan dukungan pengetahuan sangat penting bagi pasien orang dengan gangguan jiwa untuk sembuh.
Saran :Perawat harus memotivasi keluarga yang meliliki orang dengan gangguan jiwa untuk kontrol setiap bulan di Puskesmas Menteng, dan keluarga harus memberikan fasilitas untuk anggota keluarga yang memiliki gangguan jiwa.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Dukungan, Keluarga, Merawat ODGJ
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111005 Mental Health Nursing
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111011 Nursing Specialties
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111011 Nursing Specialties > 11101106 Family Nursing
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma III Keperawatan
Supervisor: Utama, Nang Randu and Purba, Maria Magdalena and Febriani, Irene
Depositing User: Ega Permata Sari
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:27
Last Modified: 29 Nov 2021 03:05
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item