Hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku remaja dengan kesehatan mental di SMAN 4 Palangka Raya

Julnisa, Guvika and Natalansyah, Natalansyah and Supriandi, Supriandi (2020) Hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku remaja dengan kesehatan mental di SMAN 4 Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI DIPLOMA IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
MANUSKRIP BAHASA INDONESIA guvika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)

Abstract

Latar belakang : World Health Organization (WHO), menyebutkan anak muda alias generasi milenial saat ini lebih rentan terkena gangguan mental. Terlebih masa muda merupakan waktu di mana banyak perubahan dan penyesuaian terjadi baik secara psikologis, emosional, maupun finansial. Misalnya upaya untuk lulus kuliah, mencari pekerjaan, atau mulai menyicil rumah. Selain perubahan hidup, teknologi juga turut berkontribusi terhadap kesehatan mental generasi muda.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku remaja dengan kesehatan mental di SMAN 4 Palangka Raya.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-korelasi dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah siswa(i) kelas XII SMAN 4 Palangka Raya, berusia 17-18 tahun yang diambil dengan metode simple random sampling sebanyak 85 responden. Semua subjek yang sudah memenuhi syarat dan telah menandatangani lembar persetujuan akan mengisi kuesioner tentang tingkat pengetahuan dan perilaku remaja dengan kesehatan mental. Selanjutnya kuesioner yang telah diisi akan di masukan ke program komputer dan dianalisis.

Hasil : Didapatkan hasil bahwa pengetahuan siswa sebagian besar dalam kategori kurang (51,8%), perilaku siswa sebagian besar dalam kategori kurang (52,9%), dan gambaran kesehatan mental sebagian besar dalam kategori kurang (52,9%). Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan kesehatan mental (p = 0,000). Terdapat hubungan yang bermakna antara perilaku dan kesehatan mental (p = 0,000).

Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan ada hubungan antara hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku remaja dengan kesehatan mental di SMAN 4 Palangka Raya.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan; perilaku; kesehatan mental; remaja
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111007 Nursing Theory > 11100103 Nursing Education Research
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111007 Nursing Theory
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Natalansyah, Natalansyah and Supriandi, Supriandi
Depositing User: Guvika Julnisa
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:15
Last Modified: 05 Dec 2022 07:28
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item