Pengaruh edukasi melalui video terhadap pengetahuan pencegahan luka kaki diabetik pada pasien diabetes melitus di wilayah Puskesmas Panarung Kota Palangka Raya

Winaldi, Zulfi Anan (2020) Pengaruh edukasi melalui video terhadap pengetahuan pencegahan luka kaki diabetik pada pasien diabetes melitus di wilayah Puskesmas Panarung Kota Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
(MANUSKRIP) PENGARUH EDUKASI MELALUI VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN LUKA KAKI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes melitus, lebih sederhana disebut diabetes kondisi serius, jangka panjang (atau kronis) terjadi ketika tubuh tidak dapat menghasilkan apa pun insulin atau insulin yang dihasilkannya tidak dapat digunakan secara efektif (International Diabetes Federation, 2019). Salah satu komplikasi dari diabetes melitus yaitu neuropatik: memengaruhi saraf sensori motorik dan otonom yang mengakibatkan masalah, seperti ulkus kaki atau luka kaki diabetik. Berdasarkan uraian tersebut perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Edukasi Melalui Video Terhadap Pengetahuan Pencegahan Luka Kaki Diabetik”

Metodologi : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperiment (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen dan menyediakan kelompok kontrol sebagai pembanding. Dalam penelitian ini akan terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara acak. Keduanya kemudian diberi prates untuk mengetahui keadaan awal dan perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (Sugiyono, 2014).

Hasil : Sebelum diberikan edukasi kesehatan rerata pengetahuan pada kelompok perlakuan yaitu sebesar 50,7 dan setelah diberikan edukasi kesehatan, rerata pengetahuan pada kelompok perlakuan yaitu 67,4 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rerata kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi pengetahuan sebesar yaitu 47,8 dan setelah diberikan edukasi kesehatan, rerata pengetahuan pada kelompok kontrol yaitu 59,8.

Kesimpulan : Penggunaan edukasi melalui media video lebih baik dibandingkan dengan penggunaan edukasi melalui media leaflet dalam pencegahan luka kaki diabetik, seperti mengidentifikasi risiko masalah luka kaki diabetik dan memanajemen perawatan kaki.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: edukasi media video; pengetahuan; diabetes melitus; pencegahan ulkus kaki/luka kaki diabetik
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1118 Diseases > 111819 Endocrine System Diseases > 11181903 Diabetes Mellitus
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Warastuti, Widya and Datak, Gad and T, Berthiana
Depositing User: Zulfi Anan Winaldi
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:19
Last Modified: 08 Feb 2021 04:19
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item