Hubungan dukungan suami dengan tingkat kecemasan ibu hamil primigravida di Puskesmas Bukit Hindu kota Palangka Raya

Saputri, Vidya Eka (2020) Hubungan dukungan suami dengan tingkat kecemasan ibu hamil primigravida di Puskesmas Bukit Hindu kota Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Vidya Eka Saputri_Manuskrip B.Indonesia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Latar Belakang : Kehamilan bagi wanita merupakan hal yang membahagiakan ataupun menjadikan kecemasan, dan kecemasan dapat berisiko menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur. Dukungan suami sangat dibutuhkan agar suasana batin ibu hamil lebih tenang dan tidak terganggu oleh kecemasan. Peran suami sangat penting karena suami adalah supporter (pendukung utama) selama kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik responden dan mengetahui hubungan antara dukungan suami dan tingkat kecemasan pada ibu hamil primigravida di Puskesmas Bukit Hindu Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk pengumpulan data. Kuesioner ini terdiri dari serangkaian pertanyaan tentang dukungan suami dan tingkat kecemasan. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Bukit Hindu Kota Palangka Raya dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden yang telah berpartisipasi dalam penelitian ini.

Hasil: 29 responden (60,4%) dari total sampel 48 responden memiliki dukungan suami yang baik dengan 19 responden (65,5%) tidak mengalami kecemasan, kecemasan ringan 4 responden (13,8%) dan kecemasan sedang 6 responden (20,7%). Hasil uji statistik menggunakan Kendall's tau-b yaitu nilai p value 0,001 < 0,05 dengan tingkat signifikan α 5% (0,05).

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara dukungan suami dengan tingkat kecemasan ibu hamil primigravida di Puskesmas Bukit Hindu Kota Palangka Raya.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan suami; tingkat kecemasan; ibu hamil primigravida
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111011 Nursing Specialties > 11101112 Maternal-Child Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: T, Berthiana and Theresia, Nita and Sylvia, Ester Inung
Depositing User: Vidya Eka Saputri
Date Deposited: 08 Feb 2021 01:54
Last Modified: 08 Feb 2021 01:54
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item