Hubungan tingkat pengetahuan tentang anemia pada ibu hamil dengan kepatuhan mengonsumsi tablet besi (fe)

Sarito, Yohanes Tedi (2020) Hubungan tingkat pengetahuan tentang anemia pada ibu hamil dengan kepatuhan mengonsumsi tablet besi (fe). Skripsi, PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
MANUSKRI YTS INDO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)

Abstract

Latar belakang : Anemia merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada masyarakat di seluruh dunia yang memengaruhi negara maju dan negara berkembang. Masalah anemia ini sangat berdampak pada kesehatan masyarakat, bukan hanya kesehatan masyarakat saja, anemia juga berpengaruh terhadap perkembangan sosial dan perekonomian. Anemia terjadi di setiap siklus kehidupan manusia, dimana dari empat orang satu orang menderita anemia. Sebagian besar yang menderita anemia adalah perempuan dengan kehamilan. Anemia merupakan salah satu penyebab tidak langsung kematian ibu hamil. Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2010, 40% kematian ibu hamil di negara berkembang diakibatkan oleh anemia. Anemia dalam kehamilan disebabkan oleh defisiensi besi dan pendarahan akut.

Metode : Database yang digunakan dalam pembuatan literature review ini adalah Google Scholar. Didapatkan 16 jurnal terkait tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kepatuhan mengonsumsi tablet besi (Fe) yang diidentifikasi dan dipublikasikan pada tahun 2010-2018. Dari 16 jurnal, 5 jurnal yang memenuhi syarat review.

Hasil : berdasarkan 5 jurnal didapatkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kepatuhan mengonsumsi tablet besi (Fe).

Kesimpulan : Dari 5 penelitian yang dipaparkan didapatkan bahwa hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kepatuhan mengonsumsi tablet besi (Fe), 4 peneliti mengatakan ada hubungan, 1 peneliti mengatakan tidak ada hubungan.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan; anemia; kepatuhan
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111011 Nursing Specialties > 11101112 Maternal-Child Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Lestari, Mimin and Manuntung, Alfeus
Depositing User: Yohanes Tedi
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:57
Last Modified: 08 Feb 2021 03:57
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item