Hubungan indeks massa tubuh pada wanita usia subur pengguna kontrasepsi hormonal suntik 3 bulan dengan gula darah sewaktu

Putri, Ika Ulya Cahyani (2020) Hubungan indeks massa tubuh pada wanita usia subur pengguna kontrasepsi hormonal suntik 3 bulan dengan gula darah sewaktu. Skripsi, PROGRAM STUDI D IV-KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Ika Ulya Cahyani Putri_LR_Manuskrip_Reg3_2020_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)

Abstract

Pendahuluan : Kontrasepsi hormonal suntik 3 bulan mengandung hormon progresteron, dimana progesteron memiliki sifat anti-insulin serta dapat menjadikan sel-sel kurang sensitif terhadap insulin yang menyebabkan terjadinya resistensi insulin dalam tubuh. Peningkatan kadar glukosa darah yang disebabkan karena penggunaan kontrasepsi hormonal ini terjadi akibat perubahan berat badan, dimana hormon yang terkandung di dalamnya mempermudah perubahan karbohidrat dan gula menjadi lemak.

Metode : Data yang digunakan dalam literature review ini adalah data sekunder yang diperoleh bukan dari pengamatan atau penelitian secara langsung, akan tetapi dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Sumber data sekunder yang didapatkan berupa artikel atau jurnal yang relevan dengan topik dilakukan menggunakan database melalui Google Scholar yang dicari pada antara tahun 2014 sampai dengan 2019 sebanyak 896 yang kemudian diseleksi sesuai dengan topik yang akan dibahas. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian jurnal yaitu Indeks Massa Tubuh, gula darah, kontrasepsi suntik 3 bulan dan penulis hanya menggunakan 8 jurnal.

Hasil : Hasil yang didapatkan yaitu adanya peningkatan kadar glukosa darah dan Indeks Massa Tubuh pada wanita pengguna kontrasepsi hormonal 3 bulan.

Kesimpulan : Kesimpulan dari literature review ini adalah adanya peningkatan gula darah sewaktu dan Indeks Massa Tubuh wanita usia subur pengguna kontrasepsi hormonal sutik 3 bulan. Hormon steroid berupa progesteron yang terdapat pada kontrasepsi suntik 3 bulan dapat meningkatkan Indeks Massa Tubuh karena mempermudah perubahan karbohidrat menjadi lemak dan dapat mingkatkan kadar glukosa darah karena hormon progestin memengaruhi kerja insulin.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: indeks massa tubuh; gula darah; kontrasepsi suntik 3 bulan
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1118 Diseases > 111819 Endocrine System Diseases > 11181903 Diabetes Mellitus
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Utama, Nang Randu and Manuntung, Alfeus and Yani, Fina Ratih Wira Putri Fitri
Depositing User: Ika Ulya Cahyani Putri
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:46
Last Modified: 11 Feb 2021 02:46
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item