Pengaruh jalan kaki terhadap penurunan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus

Paulus, Ferdinandus Iliomar (2020) Pengaruh jalan kaki terhadap penurunan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Skripsi, PROGRAM STUDI D IV-KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Manuskrip Indonesia_Ferdinandus Iliomar Paulus_Literature Review_Pengaruh Jalan Kaki Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus_Reg3_2020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)

Abstract

Latar belakang : Meningkatnya jumlah kematian akibat diabetes melitus tentu menyadarkan betapa pentingnya pengelolaan diabetes. Salah satu cara mengontrol kadar gula darah yang merupakan bagian dari 4 pilar pengelolaan diabetes adalah dengan olahraga ringan. Pada penderita diabetes jalan kaki merupakan olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan, dengan berjalan kaki setiap hari, selama 30 menit sampai satu jam dilakukan secara teratur 3-5 kali perminggu, penderita diabetes melitus (DM) mendapatkan banyak manfaat, yaitu meningkatkan kontrol glukosa darah.

Metode : Database jurnal penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu google scholar dan pubmed. Didapatkan 5 jurnal terkait pengaruh jalan kaki pada penurunan kadar gula darah yang diidentifikasi dan dipublikasikan dari tahun 2015 s/d 2019.

Hasil : Dari 5 jurnal yang didapatkan, 4 diantaranya menunjukan hasil bahwa adanya pengaruh bermakna pada jalan kaki terhadap penurunan kadar gula darah yang dilakukan dengan intensitas sedang selama 30 menit sampai 1 jam perhari selama 3 kali seminggu, dan 1 jurnal lainnya terjadi sebaliknya yaitu peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh berbagai faktor antara lain status gizi, dehidrasi, aktivitas yang tidak dilakukan secara rutin.

Kesimpulan : Dari 5 jurnal yang didapatkan 4 diantaranya mendukung adanya pengaruh yang bermakna pada jalan kaki terhadap penurunan kadar gula darah dan 1 lainnya tidak ada pengaruh yang signifikan.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: jalan kaki; penurunan kadar gula darah
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1118 Diseases > 111819 Endocrine System Diseases > 11181903 Diabetes Mellitus
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Mansyah, Barto and Rahmawaty, Fetty and Supriandi, Supriandi
Depositing User: Ferdinandus Iliomar Paulus
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:24
Last Modified: 10 Feb 2022 02:38
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item