Hubungan religiusitas dengan sikap remaja dalam pencegahan infeksi hiv/aids di kelas xi SMAN 3 Palangka Raya

Damayanthi, Desty Natalia (2020) Hubungan religiusitas dengan sikap remaja dalam pencegahan infeksi hiv/aids di kelas xi SMAN 3 Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Manuskrip Desty Natalia Damayanthi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Latar Belakang : HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) merupakan salah satu penyakit menular seksual yang menyerang sistem kekebalan tubuh penderitanya serta dapat menyebabkan kematian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Religiusitas dengan Sikap Remaja Dalam Pencegahan Infeksi HIV/AIDS di Kelas XI SMAN 3 Palangka Raya.

Metode : Penelitian ini menggunakan sifat korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian simple random sampling.

Hasil : Hasil penelitian menunjukan responden berusia antara 15-18 tahun dengan 43 orang berjenis kelamin laki-laki (53,1%), berjenis kelamin perempuan sebanyak 38 responden (46,9%). Religiusitas remaja siswa tersebut sebagian besar dalam kategori baik yaitu sebanyak 53 responden (65,4%) dan sikap dalam pencegahan infeksi HIV/AIDS dalam kategori positif sebanyak 64 responden (79,0%). Berdasarkan analisis Kendall’s Tau (τ) terdapat hubungan yang bermakna antara religiusitas dan sikap dalam pencegahan infeksi HIV/AIDS dengan hasil p= 0,000 yang berarti ρ value < 0,05.

Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan ada hubungan antara Religiusitas dengan Sikap Remaja Dalam Pencegahan Infeksi HIV/AIDS di Kelas XI SMAN 3 Palangka Raya.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: religiusitas; sikap; HIV/AIDS; remaja.
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1116 Medical Physiology
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Syam'ani, Syam'ani and T, Berthiana and Sulistyowati, Reny
Depositing User: Desty Natalia Damayanthi
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:20
Last Modified: 15 Feb 2021 04:30
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item