Hubungan pola makan terhadap faktor penyebab diabetes melitus tipe II di Kelurahan Kalampangan Kota Palangka Raya

Fitriani, Anggun Puja (2018) Hubungan pola makan terhadap faktor penyebab diabetes melitus tipe II di Kelurahan Kalampangan Kota Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text (Abstrak)
6 ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Penyakit degeneratif atau penyakit tidak menular disebabkan oleh perubahan gaya hidup, khususnya perubahan pola makan merupakan suatu cara atau usaha dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan, status nutrisi, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan pola makan terhadap faktor penyebab diabetes melitus tipe II di Kelurahan Kalampangan Kota Palangka Raya Tahun 2018. Metode yang digunakan metode deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah penderita diabetes melitus tipe II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 33 responden. Instrumen yang digunakan adalah food frequency questionnaire. Hasil penelitian diperoleh tidak ada hubungan pola makan terhadap faktor-faktor penyebab diabetes melitus tipe II. Adapun hasil uji chi-square hubungan pola makan terhadap umur (Pvalue 0,112), pola makan terhadap jenis kelamin (Pvalue 0,311), pola makan terhadap riwayat keluarga dengan DM (Pvalue 0,308) dan pola makan terhadap aktivitas fisik (Pvalue 0,410). Kesimpulan: Tidak ada hubungan pola makan terhadap umur, jenis kelamin, riwayat keluarga dengan diabetes melitus dan aktivitas fisik sebagai faktor penyebab diabetes melitus tipe II di Kelurahan Kalampangan Kota Palangka Raya. Meskipun begitu hasil uji statistik yang mendekati hubungan diantara keempat faktor tersebut adalah hubungan pola makan terhadap umur sebagai faktor penyebab diabetes melitus tipe II dengan nilai p 0,112. Saran: peneliti selanjutnya diharapkan mengikutsertakan variabel-variabel lain yang diduga berhubungan dengan pola makan yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Makan, Umur, Jenis Kelamin, Aktivitas Fisik, Riwayat Keluarga, DM Tipe II
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1118 Diseases > 111819 Endocrine System Diseases > 11181903 Diabetes Mellitus
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Mansyah, Barto and Rahmawaty, Fetty and Missesa, Missesa
Depositing User: Titi Novianty
Date Deposited: 19 Jun 2020 08:46
Last Modified: 19 Jun 2020 08:46
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item