Hubungan pengetahuan penyakit dm dengan kontrol gula darah di Puskesmas Menteng Palangka Raya

Mutmainnah, Rizka (2018) Hubungan pengetahuan penyakit dm dengan kontrol gula darah di Puskesmas Menteng Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI DIPLOMA IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Menuskrip fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi DM di indonesia, pada tahun 2015 menempati peringkat ke 7 di dunia untuk prevalensi klien DM tertinggi di dunia bersama dengan Cina, India, Amerika Serikat, Brazil, Rusia, dan Meksiko dengan jumlah estimasi orang dengan DM sebesar 10 juta (IDF Atlas, 2015). DM dengan komplikasi merupakan penyebab kematian tertinggi ke tiga di Indonesia. presentasi kematian akibat DM di Indonesia merupakan yang tertinggi kedua setelah Srilanka prevalensi orang dengan DM di indonesia menunjukan kecendrungan yang meningkat yaitu dari 5,7% (2007) menjadi 6,9% (2013). DM di Provinsi Kalimantan Tengah, pada tahun 2015 menempati urutan ke 5 dari 10 kasus penyakit terbanyak dengan jumlah 7.224 orang (Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah, 2016). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan penyakit DM dengan kontrol gula darah Metodologi Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Hasil Penelitian: Hasil analisis Chi Square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan penyakit DM dengan kontrol gula darah di Puskesmas Menteng Palangka Raya, dan didapatkan hasil p-value 0.015. Kesimpulan dan Saran: Pada penelitian ini terbayak responden yang memilki tingkat penegetahuan baik sebanyak 19 responden dengan persentase (86,4%) rata-rata memiliki kadar gula darah terkontrol, dan 5 responden dengan persentase (14,7%) tidak terkontrol. Meningkatkan upaya untuk memberikan informasi tentang diabetes dan pentingnya memahami pengetahuan terhadap penyakit DM agar tercapai target pengobatan sesuai dengan yang diharapkan serta melakukan pengawasan (kontrol) dengan melihat model pengawasan yang efektif, serta menambah sarana informasi yang sudah ada seperti leaflet, lembar balik, buku saku, dan sarana lainnya yang dapat diperhatikan setiap pengunjung/pasien.

Kata Kunci: Hubungan pengetahuan dengan kontrol gula darah

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan pengetahuan dengan kontrol gula darah
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1118 Diseases > 111819 Endocrine System Diseases > 11181903 Diabetes Mellitus
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Supriandi, Supriandi and Astuti, Agnes Dewi and Datak, Gad
Depositing User: Titi Novianty
Date Deposited: 18 Jun 2020 08:51
Last Modified: 06 Dec 2022 01:33
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item