Efektivitas Pembelajaran Mandiri Melalui Media Buku Saku Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia Di Puskesmas Baamang II Kabupaten Kotawaringin Timur

Fitriana, Rini (2021) Efektivitas Pembelajaran Mandiri Melalui Media Buku Saku Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia Di Puskesmas Baamang II Kabupaten Kotawaringin Timur. Skripsi, PROGRAM STUDI DIPLOMA IV KEBIDANAN (ALIH JENJANG), POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
ESkripsi Rini Fitriana_ EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MANDIRI MELALUI MEDIA BUKU SAKU TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DI PUSKESMAS BAAMANG II KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Kelompok ibu hamil (bumil) merupakan salah satu kelompok yang berisiko tinggi mengalami anemia, meskipun anemia yang dialami umumnya merupakan anemia relatif akibat perubahan fisiologis tubuh selama kehamilan. Menurut WHO, secara global prevalensi Anemia pada ibu hamil diseluruh dunia sebesar 41,8%. Tujuan : Menganalisa efektivitas pembelajaran mandiri melalui media buku saku terhadap pengetahuan ibu hamil tentang anemia di Puskesmas Baamang II Kabupaten Kotawaringin Timur. Metode :Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (Quasi Experiment) dengan Two Group Pre Test – Post Test With Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Besaran sampel yang digunakan sebanyak 54 ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Baamang II Kabupaten Kotawaringin Timur dan uji statistic yang digunakan adalah Wilcoxon dan Mann Whitney Hasil : Dari Hasil uji statistic diperoleh nilai P Value 0,000 (P Value < 0,05) artinya ada perbedaan pengetahuan ibu hamil yang diberikan pembelajaran mandiri melalui buku saku dan pembelajaran mandiri melalui leaflet di puskesmas Baamang II Kabupaten Kotawaringin Timur. Dan nilai mean rank tertinggi 67,84 pada kelompok yang diberikan pembelajaran mandiri melalui media buku, artinya pembelajaran dengan media buku saku lebih efektif dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang anemia dari pada pembelajaran mandiri dengan media leaflet. Kesimpulan: Pembelajaran dengan media buku saku lebih efektif dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang anemia dari pada pembelajaran mandiri dengan media leaflet.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Buku Saku, Leaflet, Pengetahuan
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111006 Midwifery
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111711 Health Information Systems (incl. Surveillance)
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111712 Health Promotion
Divisions: Jurusan Kebidanan > Program Studi Diploma IV Kebidanan
Supervisor: Greiny, Arisani and Natalina, Rini and Sukriani, Wahidah
Depositing User: Alih Jenjang
Date Deposited: 18 Aug 2021 09:19
Last Modified: 18 Aug 2021 09:19
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item View Item