Modifikasi lauk hewani dan lauk nabati pada makan siang terhadap daya terima pasien gastritis rawat inap di RSU kelas di kota palangkaraya

Rahmaniwati, Antung (2019) Modifikasi lauk hewani dan lauk nabati pada makan siang terhadap daya terima pasien gastritis rawat inap di RSU kelas di kota palangkaraya. Skripsi, Politeknik Kesehatan Palangka Raya, Prodi Diploma IV Gizi.

[img] Text
ANTUNG RAHMANIWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Latar Belakang: Lauk hewani dan lauk nabati sering tidak dihabiskan oleh pasien, untuk itu perlu dilakukan sejumlah perubahan pada hidangan lauk hewani dan lauk nabati salah satu caranya dengan melakukan modifikasi menu, resep terhadap bahan, ukuran, bumbu, atau cara pengolahan tanpa mengurangi nilai gizinya, dengan tujuan untuk meningkatkan penampilan serta meningkatkan rasa
hidangan yang pada akhirnya akan meningkatkan tingkat penerimaan makanan pasien. Dengan meningkatnya daya terima pasien terhadap makanan maka asupan gizi yang masuk kepada pasien akan lebih baik.

Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana perbedaan modifikasi lauk hewani dan lauk nabati pada makan siang terhadap daya terima pasien gastritis di RSU Kelas D Kota Palangka Raya.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan one grup pretest posttes design terdiri dari dua tahap yaitu penelitian terhadap panelis dan dilanjutkan dengan pasien. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas III RSU Kelas D Kota Palangka Raya dengan jumlah sampel 30 responden dengan kriteria tertentu. Analisis data menggunakan uji Anova dan Indipendent Sample T Test.

Hasil: Memodifikasi lauk hewani dan lauk nabati dengan tidak merubah bahan dasar dari menu awal. Diketahui pasien yang suka menu lauk hewani ada 28 pasien dan lauk nabati 24 pasien.Hasil uji anova tidak ada perbedaan daya terima terhadap menu modifikasi p>0,05 sedangkan indipendent sample t test diperoleh p<0,05. Hal ini diartikan terdapat perbedaan daya terima (lauk hewani dan lauk nabati) modifikasi dan (lauk hewani dan lauk nabati) rumah sakit pada pasien gastritis.

Kesimpulan : Ada perbedaan daya terima lauk hewani modifikasi dan daya terima lauk hewani rumah sakit pada pasien gastritis dan ada perbedaan daya terima lauk nabati modifikasi dan daya terima lauk nabati rumah sakit pada pasien gastritis.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi, Lauk Hewani Lauk Nabati, Daya Terima
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics > 111102 Dietetics and Nutrigenomics
Divisions: Jurusan Gizi > Program Studi Diploma IV Gizi
Supervisor: Dhini, Dhini
Depositing User: Dhini
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:40
Last Modified: 05 Dec 2022 02:19
URI: http://repo.poltekkes-palangkaraya.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item